Demi Perdamaian dan Demokrasi, Kami Menolak Kudeta dan Kekerasan di Bolivia

Mempertahankan demokrasi, perdamaian, kedaulatan, dan penentuan nasib sendiri di Bolivia berdasarkan pada hak-hak rakyatnya dan tanpa campur tangan eksternal, tidak bisa ditunda lagi. Kami menolak kudeta sipil-militer di Bolivia dan menyerukan kepada masyarakat internasional untuk melakukan hal yang sama, dan memastikan penegakan kembali supremasi hukum di negara itu, serta penyelenggaraan pemilihan umum yang bebas dan transparan.

Organisasi-organisasi yang bertandatangan di bawah ini adalah anggota dari Global Campaign untuk Mengembalikan Kedaulatan Rakyat, Membongkar Kekuatan Perusahaan dan Menghentikan Impunitas, yang telah menyatukan lebih dari 200 organisasi dan gerakan sosial dari lima benua.

Kami dengan tegas menolak gelombang kekerasan yang dipicu oleh agama dan rasisme, serta peran Angkatan Bersenjata dan Polisi Bolivia yang menyebabkan krisis demokrasi saat ini, sehingga memaksa pengunduran diri Presiden Evo Morales dan pengasingannya di Meksiko, Krisis yang terjadi saat ini tidak lain adalah kudeta terhadap pemerintahan sah Evo Morales.

Posisi dukungan kami terhadap rakyat Bolivia jelas, di mana demokrasi, kedaulatan rakyat, perdamaian, dan hak asasi manusia adalah prinsip yang menyatukan kami di seluruh dunia.

Kami menuntut penghormatan tanpa batas terhadap hak asasi manusia semua warga Bolivia. Kami sangat prihatin dengan kekerasan yang dilancarkan terhadap penduduk sipil, anggota gerakan sosial, jurnalis dan perwakilan dari pemerintah Morales, keluarga mereka, dan para pemimpin dan militan Gerakan Menuju Sosialisme, antara lain. Situasi ini merupakan pelanggaran hak asasi manusia yang mencolok.

Kami menyatakan keprihatinan kami yang mendalam atas fakta di mana aktor-aktor nasional dan asing, khususnya melalui kelompok bisnis sipil dan oligarki nasional telah membuat tidak stabilnya situasi di Bolivia.

Hal ini seiring dengan berlanjutnya pelanggaran hak asasi manusia bahkan setelah pengunduran diri Evo Morales, telah menciptakan kekosongan kekuasaan, yang mempersiapkan kondisi untuk perampasan Negara Bolivia Sebagai anggota Global Campaign, kami berdiri bersama gerakan rakyat sedunia yang memperjuangkan hak dan keadilan mereka sebelum tindakan kekuatan perusahaan. Penindasan supremasi hukum dari kudeta semacam ini melemahkan semua hak fundamental, dimulai dengan yang paling mendasar, yaitu hak untuk hidup.

Kami berdiri bersama dan bersolidaritas dengan rakyat Bolivia selama masa-masa sulit ini, dengan seluruh kompleksitas situasi saat ini dan tantangan yang harus dihadapi.

Penandatangan (16 November 2019)
Confederación Sindical de las Américas CSA/TUCA
La Via Campesina
Movimento de Atingidos por Barragens MAB
Amigos de la Tierra ALC,
Jubileo Sur/Américas
CETIM
FIAN
UDAPT
ATTAC Argentina
TNI
Focus on the Global South
WoMin African Alliance
AIDJ (Asociación Internacional de Juristas Demócratas)
Red Latinoamericana por el Acceso a Medicamentos (RedLAM)
JA – Justiça Ambiental / Friends of the Earth Mozambique
Observatorio de Multinacionales en América Latina – Paz con Dignidad (OMAL) España
Heñói Paraguay
Comisión Nacional de Enlace (CNE) – Costa Rica
Stop the Wall –
Campaña Palestina contra el Muro de Apartheid
Coalición por la Defensa de la Tierra (Land Defense Coalition, Palestine)
Diálogo 2000 – Jubileo Sur Argentina
Attac España
SOLdePAZ Pachakuti
Centro de Documentación en Derechos Humanos “Segundo Montes Mozo S.J.” (CSMM) Ecuador
Partai Rakyat Pekerja – Indonesia (Working People’s Party)

LEAVE A REPLY